Media Promosi Pemasaran - Kewirausahaan

A. PROMOSI DALAM PENGERTIAN






1. Pengertian



Promosia adalah upaya untuk memberitahukan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik konsumen untuk membeli.




2. Tujuan

-menyebarkan informasi
-mendapatkan pelanggan
-menjaga kestabilan penjualan
-membedakan produk pesaing
-membentuk citra produk di mata konsumen




3. Jenis-jenis Promosi




a. Promosi secara fisik
    biasanya dilakukan dengan acara-acara
    Tertentu atau event-event khusus yang
    Diadakan disuatu tempat seperti
    Pameran, konser, festival, dan semaca-
    mnya.



b. Promosi Melalui Media Tradisional
    Adalah via media cetak seperti koran,
    Majalah, dan sejenisnya.



c. Promosi Melalui Media Digital
   Adalah mencakup media promosi
   Melalui internet.




d. Penjualan Tatap Muka (Personal selling)
    Mempromosikan dengan cara mendata-
    ngi ke tempat konsumen berada.




e. Plubitasi ( Plubisitas )
    Menguras informasi  ( bersifat ilmiah )
    Merupakan usaha merangsang peminta-
    aan dari suatu produk secara non
    Personal yang bersifat komersial.




f. Promosi Penjualan ( Sales Promotional )
   Menawarkan suatu produk dengan cara
   Memberikan langsung/ perangsang
   Supaya membeli.







B. MEDIA PROMOSI OFFLINE









1. PENGERTIAN IKLAN

 Adalah segala bentuk pesan promosi
 Barang, jasa, tempat, usaha, dan ide yang
 Disampaikan melalui media dengan biaya sponsor dan di tunjukan kepada sebagian besar masyarakat.

Promosi Offline adalah proses dimana produsen bertemu secara langsung untuk menawarkan barang / jasa kepada konsumen.


2. Jenis promosi media offline


A. Media Promosi Ruang Terbuka
Dibagi menjadi 2 - ukuruan kecil bisa menggunakan brosur dengan cetak bolak balik - ukuran besar diantaranya banner


B. Produk Alternatif
Digunakan yang sudah memiliki logo,mereka atau ciri khas lainnya.


C. Balon Promosi Logo
Sering dilakukan oleh perusahaan  besar di tempat gedung atau tempat media promosi


D. Tenda Promosi
Suatu tenda dengan logo produk



E. Seragam Pegawai
Untuk menjadi identitas produk


F. Spanduk Terbang
Spanduk jenis ini biasanya di tarik pesawat


G. Running Text
Berupa tulisan dengan berjalan pada papan led.





C. MEDIA PROMOSI ONLINE










Adalah suatu promosi yang dilakukan pada media online hal, ini agar pelanggan lebih mudah untuk berbelanja / wadah yang populer.




1. Media Sosial

Saat ini dapat disebut era digital dengan media online merupakan wadah yang populer di manfaatkan untuk mempromosikan sebuah bisnis.





2. Menggunakan Situs Pencari Google ( Blog
    / Website )

Yaitu sering digunakan / disebut sebagai pemasaran digital diartikan sebagai strategi pemasaran yang memanfaatkan internet.
Dengan memanfaatkan media sosial, website, dan email.




3. Blog dan Website

Website adalah kumpulan informasi dalam suatu halaman yang memuat topik saling terkait.
Blog media suatu ini memiliki dengan website secara sekilas namun pengguna blog hanya sebatas untuk mendukung usaha promosi.




4. Market Place

Untuk memiliki halaman toko mereka sendiri dan melakukan aktivitas promo dan pemasaran produk mereka.




5. Youtube

Menjadi media untuk mempromosikan bisnis. Langkah utama jika ingin mempromosikan bisnis pada youtube.
Youtube adalah situs web berbagi video
Yang di buat oleh tiga mantan karyawan paypal pada febuari  2005.


Comments

Popular posts from this blog

PENGUJIAN DAN EVALUASI PRODUK

Penghitungan Biaya Produksi dan Keuntungan Usaha

4 SKIL BISNIS TAHUN 2020